Pemerintah Kabupaten Garut melalui Dinas Pemuda dan Olahraga sudah Menyusun Raperda tentang kepemudaan sejak awal tahun 2020, Dinas pemuda olahraga Bersama pihak terkait Menyusun rancangan Peraturan Kepemudaan guna mengakomodir serta memberikan landasan kuat dalam rangka pengembangan kepemudaan di Kabupaten Garut melalui pembentukan Perda Pepemudaan. Raperda ini resmi disahkan pada bulan agustus tahun 2021 yakni dengan disahkannya Perna No. 02 Tahun 2021 Tentang Kepemudaan.

Pada Selasa, 21 Desember 2021 Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Garut Bersama Bagian Hukum Sekretariat Daerah Kabupaten Garut melaksanakan Sosialisasi kepada satuan kerja perangkat daerah yang ada di lingkungan pememrintah Kabupaten Garut, pada acara tersebut dihadiri langsung oleh Kepala Bidang Kepemudaan Dispora Ibu Neni Nurliana, serta Kepala Bagian Hukum Sekretariat Daerah Ibu Kristanti Yuliana.

Peraturan Daeran ini merupakan turunan dari Undang-Undang Kepemudaan No 40 tahun 2009 tentang kepemudaan, dimana Perda ini terdiri atas 15 bab dengan 53 pasal, diharapkan dengan terbitnya perda ini dapat menunjang sarana dan prasarana kepemudaan yang ada di Kabupaten Garut.
Perda kepemudaan memiliki cakupan yang sangat luas bukan hanya terfokus pada Dinas Pemuda dan Olahraga saja tetapi juga masuk kepada ranah SKPD lain yang masih ada unsur kepemudaannya, diharapkan semua pihak dapat berkolaborasi guna mensukseskan serta mengimplementasikan peraturan daerah ini dengan maksimal.

Tahun 2022 Kabupaten Garut mencanangkan untuk bisa menjadi Kabupaten/Kota dengan predikat Kabupaten Layak Pemuda, diharapkan dengan Diterbitkannya Perda ini akan menjadi titik penting guna mendapatkan predikat tersebut, serta dapat menjalankan setiap poin di dalam Perda yang sudah di sahkan ini.
Penulis : Dimas Ismawan Wildani