Tentang kami

Dinas Kepemudaan & Olahraga

Visi

Dinas Pemuda dan Olahraga dirumuskan dalam upaya mendukung terwujudnya Kabupaten Garut, yakni “Terwujudnya Pemuda Mandiri dan Olahraga yang Bermartabat”. Rumusan Visi Dinas tersebut mempunyai kedalaman makna yang mantap, merupakan harapan untuk menciptakan lingkungan yang diinginkan, mempunyai peranan penting dalan mewujudkan sasaran pembangunan, yang merata dan berkeadilan dalam upaya memacu pertumbuhan ekonomi yang mantap maupun stabilitas nasional yang sehat dan dinamis.

Misi

  1. Mewujudkan Kualitas Kebijakan Pembinaan Kepeloporan, Penumbuhan Kewirausahaan dan Kemitraan Pemuda.
  2. Mewujudkan Kualitas Kebijakan Keolahragaan dan Pemasyarakatan Olahraga.
  3. Meningkatkan Kualitas dan Kuantitas Sarana Prasarana Kepemudaan dan Olahraga.
  4. Meningkatkan Kinerja Aparatur

Tugas dan Fungsi Dispora

Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Garut sebagai unsur pemerintah daerah yang berfungsi melaksanakan kebijakan pemerintah di bidang pemuda dan olahraga, tertuang dalam Peraturan Daerah Kabupaten Garut Nomor 27 Tahun 2016 tentang Tugas Pokok, dan Fungsi Tata Kerja Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Garut. Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Garut sebagai salah satu perangkat daerah memiliki kewenangan mengelola berbagai aspek pemuda dan olahraga yang menjadi kewenangan Kabupaten Garut. Kewenangan itu meliputi bidang kepemudaan dan keolahragaan.

Tugas Pokok

Tugas Pokok dan Fungsi Dinas Pemuda dan Olahraga sebagaimana diatur dalam Peraturan Bupati Garut Nomor 27 Tahun 2016 Tentang Tugas Pokok, Fungsi dan Tata Kerja Dinas Pemuda dan olahraga, pada pasal 3 ayat (1) : Kepala Dinas mempunyai tugas Pokok memimpin, merumuskan kebijakan teknis operasional, mengkoordinasikan, melaksanakan kerja sama dan mengendalikan pelaksanaan urusan pemerintahan daerah bidang pemuda dan olah raga, meliputi kesekretariatan, bidang keolahragaan, bidang kepemudaan, bidang kemitraan sarana dan prasarana, UPTD serta kelompok jabatan fungsional

Fungsi

Dalam menyelenggarakan tugas pokok sebagaimana dimaksud pada ayat(1), Kepala Dinas mempunyai fungsi :

  1. perumusan, pengaturan dan pelaksanaan kebijakan teknis operasional bidang pemuda dan olah raga sesuai dengan kebijakan nasional dan propinsi serta kebijakan umum daerah.
  2. pembinaan, pengendalian dan fasilitasi pelaksanaan tugas kesekretariatan, Bidang keolahragaan, bidang kepemudaan, bidang kemitraan sarana dan prasarana, UPTD serta kelompok jabatan fungsional.
  3. penyelenggaraan dan pengelolaan sumberdaya aparatur, keuangan, sarana dan prasarana Dinas.
  4. penyelenggaraan koordinasi dan kerjasama dalam rangka pelaksanaan tugasnya dan
  5. penyelenggaraan monitoring, evaluasi dan pelaporan capaian kinerja Dinas.

Struktur Organisasi

Sebagaimana diatur dalam Peraturan Bupati Garut Nomor 27 Tahun 2016 Tentang Tugas Pokok Fungsi dan Tata Kerja Dinas Pemuda dan Olahraga, susunan Dinas Pemuda dan Olahraga adalah 1 (satu) Kepala Dinas, 1 (satu) Sekretaris dengan 3 (tiga) Subbagian, 3 (tiga) Kepala Bidang dan 3 (tiga) Kepala Seksi, satu UTPTD dan Jabatan Fungsional, secara struktur digambarkan sebagai berikut :

  1. Kepala Dinas
  2. Sekretariat membawahkan:
    • Subbagian Umum Perencanaan Evaluasi dan pPlaporan
    • Subbagian BMD dan Keuangan
  3. Bidang Keolahragaan membawahkan
    • Seksi Pengembangan Olah Raga Masyarakat
    • Seksi Pembinaan Pengembangan Bakat; dan
    • Seksi Pengembangan Tenaga
  4. Bidang Kepemudaan membawahkan
    • Seksi Kelembagaan dan Kemitraan Pemuda
    • Seksi Bina Kewirausahaan Pemuda dan
    • Seksi Kepemimpinan, Kepeloporan dan Kejuangan
  5. Bidang Kemitraan Sarana dan Prasarana
    • Seksi Kemitraan
    • Seksi Sarana dan Prasarana dan
    • Seksi Fasilitasi
  6. UPTD dan
  7. Kelompok Jabatan Fungsional.

Sumber Daya Manusia dan Sarana Prasarana Operasional

Sumber daya manusia yang tersedia di Dinas Pemuda dan Olahraga Sebanyak 8 orang golongan IV, 20 orang golongan III, 16 orang Golongan II, 8 orang golongan I, TKK 19 Orang, 57 Orang Sukwan Jumlah ke seluruh adalah 128 Orang.

Jumlah Pegawai Dispora Berdasarkan Golongan

Orang

Golongan l

Orang

Golongan ll

Orang

Golongan lll

Orang

Golongan lV

Orang

TKK

Orang

SUKWAN

Sementara itu, terkait jumlah pegawai berdasarkan tingkat pendidikan, untuk pendidikan S-2 berjumlah 12 orang, tingkat pendidkan S-1 sebabnyak 24 orang, tingkat pendidikan D-3 sebanyak 2 orang, dan tingkat pendidikan SLTA sebanyak 90 orang.

Jumlah Pegawai Dispora Berdasarkan Tingkat Pendidikan

Orang

S-2

Orang

S-1

Orang

D-3

Orang

SLTA

Sementara itu apabila dilihat jumlah pegawai berdasarkan jenis kelamin, di lingkungan Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Garut terdapat 113 pegawai berjenis kelamin laki-laki, dan 15 pegawai berjenis kelamin perempuan. Sedangkan berdasarkan kelompok umur, maka dapat diketahui behwa sebagian besar pegawai berusia 31-40 tahun, dengan rincian sebagai berikut :

Jumlah Pegawai Dinas Pemuda dan Olahraga berdasarkan Kelompok Umur

Orang

20 s.d 30 Tahun

Orang

31 sd. 40 tahun

Orang

41 s.d. 50

Orang

>50 Tahun

Kinerja dan Pelayanan

Dinas Pemuda dan Olahraga mempunyai tugas pokok luas dan kompleks. Secara umum tugas pokok tersebut adalah membantu Bupati dalam melaksanakan kewenangan daerah di bidang Pemuda dan Olahraga. Tugas Pokok, fungsi dan tata kerja Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Garut

Data Informasi lainnya yang relevan

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik Kabupaten Garut jumlah penduduk sebanyak 2.485.732 yang terdiri dari laki-laki sebanyak
1.257.451 dan perempuan sebanyak 1.228.281 dan jumlah penduduk Kabupaten Garut berdasarkan umur pemuda (15-30 tahun) berjumlah 981.706 orang atau 39,49% penduduk Kabupaten Garut berumur pemuda. Saat ini di Indonesia diperkirakan terdapat lebih dari 277.298 unit organisasi kepemudaan yang tersebar mulai dari tingkat nasional sampai dengan tingkat kelurahan/desa.